Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jenis ikan badut dan keunikannya


9 Jenis ikan badut dan keunikannya

Siapa yang tidak tau akan film animasi Finding Nemo (2003)? Kemungkinan besar kamu pasti tau film itu maka kamu tidak familier juga dengan ikan jingga bergaris putih di gambar atas ini.

Ikan badut ini mempunyai banyak sekali sebutan seperti ikan badut dan ikan giru, namun karena terkenalnya film nemo ini menjadikan ikan bernama ilmiah Amphiprioninae ini menjadi ikan nemo.

Ikan hias ini berasal dari lautan Pasifik, Laut Merah, lautan India, dan karang besar Australia (great barrier reef). Di habitat asli, ikan badut dikenali berwarna memikat, seperti kuning terang, oranye, jingga, kemerahan, hingga kehitaman. Ukurannya dari 6 cm sampai maksimal 18 cm.

Klarifikasi ilmiah

Kerajaan   : Animalia
Filum         : Chordata
Kelas         :  Actinopterygii
Ordo          : Perciformes
Famili        : Pomacentridae
Subfamili : Amphiprioninae

Genera

Amphiprion Bloch & Schneider, 1801
Premnas Cuvier, 1816

ikan badut juga punya sejumlah keunikan lain yang akan saya bahas. Penasaran? Berikut ini ulasannya.

Keunikan ikan Badut

1. Semua ikan badut terlahir sebagai jantan

Semua ikan badut terlahir sebagai jantan
Image source : Ims.reef

Fakta yang satu ini mungkin terdengar mengejutkan, tapi semua ikan badut memang terlahir sebagai jantan. Ikan badut hidup dalam kelompok yang terdiri dari beberapa ekor. Dalam kelompok tersebut, ada 2 posisi teratas yang hanya bisa dimiliki oleh 2 ikan terbesar.

Ikan terbesar dalam kelompok tersebut akan menjadi berganti kelamin menjadi ikan betina yang tugasnya bertelur. Ikan terbesar kedua akan jadi pejantan subur yang tugasnya membuahi ikan betina. Sementara ikan-ikan lain hanya akan menjadi pejantan biasa yang tidak aktif secara seksual.

Jika si ikan betina mati, maka si pejantan subur akan 'naik level' menjadi betina. Ikan jantan tidak aktif yang tubuhnya paling besar akan naik level pula menjadi pejantan subur. Dan begitu seterusnya.

2. Ikan badut tidak pandai berenang

Ikan badut tidak pandai berenang
Image source : Thetrevellingstoryteller

Masa iya? Kamu mungkin bertanya-tanya. Ikan kok gak jago berenang? Tentu maksudnya bukan ikan badut tidak bisa berenang. Tapi seandainya mereka berlomba dengan ikan lain, pasti ikan badut gak akan jadi pemenang.

Ikan badut lebih suka berada di dalam rumah mereka, si anemon laut. Mereka bisa berenang cepat untuk menghindari predator, tapi hanya sebentar dan untuk jarak pendek. Karena itulah, ikan badut lebih mengandalkan perlindungan dari anemon laut, bukan pada skill berenang mereka.

3. Mereka punya simbiosis mutualisme dengan anemon laut

Mereka punya simbiosis mutualisme dengan anemon laut
Image source : Marwanjr

Ikan badut menjalin hubungan yang saling menguntungkan dengan anemon laut, yaitu semacam hewan laut yang memiliki banyak tentakel dan hidup menempel di dasar laut. Tentakel anemon laut bisa menyengat, tapi ikan badut kebal terhadap sengatan tersebut. Ikan badut pun tinggal di dalam anemon laut untuk berlindung dari predator.

Sementara anemon laut sendiri diuntungkan dengan keberadaan ikan badut. Meski kecil, ikan badut ternyata bisa dengan agresif mengusir pemangsa anemon laut, seperti ikan kupu-kupu dan penyu. Caranya? Dengan menyerang mata mereka. Jadi si ikan badut aman dari predator, anemon laut pun aman dari predator. Itu baru namanya kerjasama!. 

4. Ikan badut adalah ayah yang baik

Ikan badut adalah ayah yang baik
Image source :  Mongabay

Tidak seperti kebanyakan spesies hewan, bagi ikan badut menjaga dan merawat anak bukanlah tugas ibu, melainkan tugas ayah. Si pejantan utama gak hanya sekadar membuahi, tapi ia bahkan mempersiapkan tempat bagi si betina supaya bisa bertelur dengan aman.

Setelah itu, si ayah akan menjaga telur-telurnya dan membersihkan sarang dari kotoran.

5. Ikan badut bisa hidup lebih lama di alam

Ikan badut bisa hidup lebih lama di alam
Image source : Hardcoreefer

Kesuksesan film Finding Nemo membuat ikan badut menjadi salah satu ikan yang paling banyak dicari untuk dijadikan ikan hias. Kamu mungkin juga pernah atau berniat memelihara ikan badut di akuarium. Tapi sebelum itu, ketahuilah bahwa memelihara ikan badut bisa merugikan bagi mereka.

Di laut, ikan badut bisa hidup sampai 10 tahun. Sedangkan jika dipelihara, harapan hidup mereka hanya 2 sampai 5 tahun. Jadi, kamu benar-benar yakin mau memelihara mereka?. 

Jenis ikan Badut

1. True Percula

True Percula
Image source : Azn_gq

2. Cinnamon anemonefish

Cinnamon anemonefish
Image source : Aquariumdomain.com

3. Clarkii anemonefish

Clarkii anemonefish
Image source : Plugon

4. Pink skunk anemonefish

Pink skunk anemonefish
Image source : Captainronfishing

5. Tomato Clownfish

Tomato Clownfish
Image source : Thatpetplace

6. Sebae anemonefish

Sebae anemonefish
Image source : Bigplankton

7. Ocellaris Clownfish

Ocellaris Clownfish
Image source : Epochtimespanorama

8. Maroon Clownfish

Maroon Clownfish
Image source: Sjinceptions

9. Saddleback anemonefish

Image source : Michaels_bubbles

Itulah sedikit penjelasan tentang ikan badut atau ikan giru semoga artikel ini bisa bermanfaat.

1 komentar untuk "9 Jenis ikan badut dan keunikannya"

  1. hmmm menarik bro, sayang ga bisa dipiara di empang

    jangan lupa mampir balik ya www.animblo.com

    BalasHapus