Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis ikan cupang (Betta) hias dan aduan



Ikan cupang (Betta) merupakan jenis ikan unik, karena tampilannya indah nan cantik karna memiliki warna yang menarik sekaligus agresif.

Tentang ikan Cupang (Betta), perawatan dan pakannya

Tentang ikan Cupang (Betta) 

Ikan cupang merupakan hewan agresif dan suka menyerang. Ia juga ikan air tawar dan terkadang hidup di selokan yang menggenang. Beberapa jenis ikan cupang memiliki warna tubuh yang menarik.

Bentuk sirip yang indah dan warnanya yang menarik membuat ikan ini menjadi salah satu untuk dijadikan hewan peliharaan. Ikan cupang memiliki banyak jenis,  sekitar 73 spesies ikan cupang. 

Pemeliharaan

Cupang, atau Betta termasuk ikan yang mudah dipelihara. Ia tidak membutuhkan wadah khusus. Tidak juga bergantung pada filter atau aerator. Ia juga tidak rese soal kadar ph dan suhu air. Singkatnya, mahluk cantik yang satu ini tidak manja.

Pakan

Makanan yang bergizi akan membuatnya tumbuh dengan baik; membuatnya tetap sehat dan segar. Plus, membuat sirip dan ekornya tumbuh mulus dan indah.

1. Udang
2. Encu (Jentik nyamuk) 
3. Cacing sutra
4. Kutu air
5. Artemia
6. Cacing beku

11 Jenis ikan cupang (Betta) :

1. Crown Tail

Crown Tail
Image source : Bettadiscus.idn
Cupang crown tail atau di sebut cupang serit menjadi mendunia karena variasi keindahannya. Disebut crown tail atau ekor mahkota, karena bila dibalik menghadap ke atas serit-serit pada ekornya terlihat seperti mahkota raja.

2. Halfmoon

Halfmoon
Image source : Cupang.bagus
Seperti namanya, jenis ikan cupang halfmoon memiliki sirip dan ekor yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran. Ikan cupang Halfmoon ini dikenal dan dipelihara karena keindahannya.

3. Plakat

Plakat
Image source : Lukmanjbs_
Ikan cupang plakat sering digunakan sebagai ikan adu. Namun, tidak sedikit orang yang memelihara cupang jenis plakat ini. Walaupun bentuknya indah, ikan cupang plakat mempunyai kesan sirip yang tegas dan kekar.

Gerakan ikan cupang plakat juga tidak terlalu anggun tapi terlihat lebih sangar.

4. Double Tail

Double Tail
Image source : Ikan rasbora
Disebut double tail karena bagian ekornya terbelah dua, seperti bercagak dua. Jenis ikan cupang double tail tergolong sulit dikembangkan. Oleh karena itu, keberadaannya masih jarang dijumpai di pasaran dan terkenal langka.

5. Giant

Giant
Image source : Seputar hobi Indonesia
Ikan cupang raksasa ini berhasil dikembangkan breeder dari Thailand. Ukuran terbesarnya mencapai 12 cm, jauh lebih besar dari jenis ikan cupang lainnya. Berkat ukuran tubuhnya yang besar, ikan cupang giant ini tidak bisa bergerak lincah dibandingkan jenis lainnya.

6. HMPK

HMPK
Image source : Mi community
Ikan cupang HMPK adalah hasil breeding dari ikan cupang jenis plakat dan halfmoon lalu disingkat menjadi HMPK. HMPK menuai banyak pujian karena bentuk dan warnanya yang indah nan menawan.

7. Big ear

Big ear
Image source : Cupang.bagus
Jenis ikan cupang yang sering disebut cupang dumbo ini memiliki sirip telinga yang sangat lebar seperti sayap. Pada dasarnya ikan jenis ini adalah salah satu variasi ikan cupang yang baru dikembangkan dan sudah banyak ditemui di Indonesia.

8. Fancy

Ikan Cupang Fancy
Image source : YouTube/Top10Pedia
Ikan cupang fancy memiliki ukuran sirip yang tidak besar seperti ikan cupang halfmoon, tetapi jenis ikan cupang ini memiliki warna yang cantik. Ikan ini terkenal karena kombinasi warna degradasi seperti lukisan yang sangat cantik yang membuat harganya mahal.

9. Veiltail

Ikan Cupang Veiltail
Image source : ikan cupang hias
Jenis cupang veiltail memiliki bentuk tubuh yang hampir mirip dengan halfmoon dan double tail. Perbedaan antara Ikan cupang veiltail dengan halfmoon dan double tail adalah dari ‘kekuatan’ ekor.

Dulu ikan cupang veiltail ini banyak diminati orang karena kemudahan mendapatkannya, tetapi karena semakin banyak ikan cupang silangan, veiltail sedikit tersisihkan.

10. Coccina

Image source : Splendid_bettas
Tubuhnya berbentuk silinder dengan warna merah tua dari sirip hingga kepala. Bentuk kepalanya bulat panjang berwarna perak kekuning-kuningan. Sirip insangnya transparan merah, sirip polos dan panjang.

Nama lain dari ikan cupang ini adalah cupang Belgi Bangkok.

11. Imbellis

imbellis
Image source : Bwaquatics
Betta imbellis adalah sejenis cupang yang terdapat Medan Indonesia dan Malaysia yang memiliki bentuk tubuh silinder dan memiliki warna tubuh hijau tua atau biru cemelang,kepalanya berbentuk bulat panjang dan berwarna hitam legam. Sirip ingsang berwarna hitam transparan. Namun kerap di jumpai siriip ingsang berwarna merah adapunn sirip anal pendek dan berwarna merah dengan ujung berwarna putih,sirip ekor dan perut berwarna merah dan tepi sirip berwarna hijau atau biru.sementara sirip punggung berwarna hijau atau biru dihiasi dengan bercak warna hitam.

Cupang ini merupakan cupang yang asli dari perairan Indonesia. Merupakan cupang adu yang sering dijadikan cupang aduan.

Itulah jenis-jenis ikan cupang yang perlu kamu ketahui, Toppers. Sangat cantik dan anggun bukan, di balik sifatnya yang agresif? Ikan ini sangat cocok dijadikan peliharaan di rumah, karna perawatanya yang tidak sulit.

1 komentar untuk "Jenis ikan cupang (Betta) hias dan aduan"

  1. A very good and nice Article, We appreciate your hardwork and passion. If any cricket fan is looking and waiting for CPL T20 Leauge, you can watch CPL Live Streaming for free from anywhere on your smartphones & Tablets.
    For More Watch PSL Live Streaming
    BBL Live Streaming
    BPL Live Streaming
    MSL Live Streaming
    Hundred Live Streaming
    Abu Dhabi T10 Live Streaming
    DPL Live Streaming

    BalasHapus