Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Jenis Ikan Arwana Termahal di Dunia dan Harganya


6 Jenis Ikan Arwana Termahal di Dunia dan Harganya

Ikan Arwana, Ikan bernama latin Scleropages formosus ini menjadi salah-satu peliharaan populer. Warna dan corak tubuh arwana yang begitu indah, membuat ikan ini bisa dihargai miliaran.

Bagi pecinta ikan hias, arwana memiliki daya tarik tersendiri. Hampir setiap pecinta ikan hias memiliki setidaknya satu jenis ikan Arwana. Ikan air tawar dengan nama ilmiah Osteoglossidae ini memiliki berbagai ukuran tergantung pada jenis, tempat asal, dan lingkungan hidupnya.

Budaya dan kepercayaan orang Asia juga berpengaruh besar. Bagi mereka, arwana adalah lambang keberuntungan dan kemakmuran. Pembawa hoki. Oleh karena itu, arwana khususnya yang sudah dewasa, memiliki patokan harga yang istimewa.Tidak heran kalau permintaannya cukup tinggi. Bahkan harga mahal pun kadang tidak jadi soal.

Ada begitu banyak jenis ikan arwana di dunia, namun beberapa jenis yang bisa dipelihara berasal dari Asia, Amerika Selatan, Australia, hingga Afrika. Di wilayah Indonesia sendiri, jenis ikan arwana banyak ditemukan di daerah Papua dan Kalimantan.

Jenis ikan arwana dan harganya

1. Ikan Arwana Super Red

Arwana Super Platinum
Image source : Arowanasuperred
Arwana super red sebenarnya merupakan jenis ikan arwana Asia. Arwana jenis ini punya warna merah yang mencolok dan atraktif, menjadi salah satu peliharaan terfavorit para kolektor. Super red arowana sendiri biasanya dapat ditemukan hidup liar di sungai Kapuas dan dekat danau di bagian Barat Kalimantan, Indonesia.

Soal harganya, arwana dengan nama latin Scleropages legendrei ini biasanya dibanderol mulai dari Rp 2 jutaan hingga Rp 48 juta.

2. Ikan Arwana Golden Red

Arwana Golden Red
Image source : Tulio.darth
Selain Arwana Super Red, arwana yang satu ini juga asli dari Indonesia. Arwana Golden Red datang dari Kabupaten Pekan Baru, Riau. Dari namanya, kita bisa membayangkan kalau ikan ini memiliki paduan warna emas dan kemerahan dari ujung kepala hingga ekornya harga arwana ini sektar Rr. 10-20 juta. 

3. Ikan Arwana Cross Back Golden

Arwana Cross Back Golden
Image source : Kelautan & Perikanan
Salah satu jenis ikan arwana termahal yang pernah ada. Ikan arwana black golden memiliki warna emas dengan sisi pada sisik berwarna kehitaman. Ikan ini sering ditemukan di wilayah Penang, Malaysia. Akan tetapi, tidaklah mudah menemukan ikan arwana black golden berkeliaran di rawa yang menyebabkan harganya sangat mahal, yakni sekitar Rp 18 jutaan.

4. Ikan Arwana Banjar Red

Image source : Simple_fishtank
Arwana ini berasal dari Bartio dan Sungai Kapuas – Kalimantan, Indonesia. Ikan ini mirip seperti arwana super red. Namun corak warnanya sedikit lain. Ada kombinasi silver dan kuning pada tubuhnya. Ikan hias ini dipatok dengan harga antara Rp. 2-10 juta.

5. Ikan Arwana Golden Pino

Image source : Badelades
Ikan hias air tawar ini hidup di Indonesia, Kamboja, Thailand dan Myanmar. Khusus di nusantara, ikan mendiami kawasan sungai yang ada di Kalimantan. Sekujur tubuhnya berwarna emas kehijauan. Ia begitu cantik ketika ditempatkan di akuarium perumahan. Namun untuk memajangnya dalam akuarium, anda mesti membeli dengan harga Rp. 3-8 juta per ekornya.

6. Ikan Arwana Platinum

Image source : Olandmau
Sesuai namanya, ikan ini memiliki ciri khusus berupa warna silver keputihan. Warna yang begitu molek dan megah. Arwana ini merupakan ikan air tawar yang hidup di Sungai Amazon. Meski lokasi habitatnya cukup sulit, namun ada saja penjual yang bisa mendapatkan dan menawarkannya pada para pembeli.

Video source : Dutajayakarawang
Harga ikan ini bisa mencapai Rp. 200 juta per ekornya, Bahkan dalam acara pelelangan ikan, ada arwana super platinum yang terjual seharga Rp. 5 miliar.

Posting Komentar untuk "6 Jenis Ikan Arwana Termahal di Dunia dan Harganya"