Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis ikan mas koki paling bagus, langka, tercantik dan termahal di pasaran


Jenis ikan mas koki paling bagus, langka, tercantik dan termahal di pasaran

Ikan mas koki merupakan jenis ikan hias air tawar yang banyak dipelihara masyarakat Indonesia karena dianggap memiliki bentuk yang bagus dan cantik. Selain itu dari jenisnya ikan mas koki memiliki harga yang murah hingga harga termahal di pasaran, berdasarkan jenis dan warna ikan mas koki yang cantik dan langka. Ciri khas dari jenis ikan mas koki adalah terdapat tonjolan di kepala dan perut yang buncit. 

Harga berbagai jenis ikan mas koki beragam, mulai dari jenis ikan mas koki dengan harga Rp 10.000. hingga jenis ikan mas koki paling bagus, langka dan termahal yang bisa mencapai harga mulai Rp 1.000.000. Semakin langka jenis ikan mas koki dan memiliki corak warna yang cantik, maka akan membuat harga dari jenis ikan mas koki semakin mahal. Berikut jenis ikan mas koki paling populer, bagus hingga termahal di pasaran, beserta gambarnya.

Jenis ikan mas koki :

1. Jenis ikan mas koki Rancu
Jenis ikan mas koki Rancu
Image source : ekor9.com

Jenis Ikan mas koki rancu merupakan jenis ikan mas koki baru di Indonesia. Jenis ikan mas koki rancu mampu tumbuh dengan ukuran tubuh hingga 30 cm dan bisa hidup  sampai 10 tahun. Jenis ikan mas koki rencu memiliki ciri khas bentuk tubuh bungkuk dan memiliki pola sisik mutiara dibagian punggungnya, inilah yang membuat jenis ikan mas koki satu ini unik. Selain tiu warna dari jenis ikan mas koki rancu adalah putih, merah, dan orange inilah yang membuatnya masuk ke dalam daftar jenis ikan mas koki paling bagus dan langka di pasaran.

2. Jenis ikan mas koki Lionhead
Jenis ikan mas koki Lionhead
Image source : Kumaragoldsc

Untuk seorang pemula dan baru mengenal berbagai jenis ikan mas koki, tentu akan mengira jenis ikan mas koki lionhead sama dengan ikan mas koki renchu. Namun faktanya kedua jenis ikan mas koki ini berbeda, meskipun sama-sama bagus dan unik.  Jika kita melihat sekilas memang bentuk jenis ikan mas koki lionhead sama dengan ikan mas koki ranchu, tapi lihatlah pada bagian kepalanya. 

Jenis ikan mas koki lionhead memiliki bentuk kepala yang membengkak layakanya surai pada seekor singa Unik dan bagus bukan? tak heran jensi ikan mas koki satu ini masuk ke dalam daftar jenis ikan mas koki paling bagus, mahal dan langka di pasaran.

3. Jenis ikan mas koki Ryukin
Image source : Hoa.goldfish

Berasal dari Jepang, Ikan Mas Ryukin adalah ikan mas koki hias yang terkenal akan bentuknya yang lucu. Ciri khas dari Ikan Mas Koki hias ini adalah tubuhnya yang pendek dan memiliki punuk serta sirip yang lebar dan besar.

Ikan Mas Ryukin sendiri tergolong salah satu jenis ikan mas koki hias yang cukup mahal karena memang cukup sulit ditemukan di pasaran. 

4. Jenis ikan mas koki Black Moor
4. Jenis ikan mas koki Black Moor
Image source : Aquasaur/Hristo Hristov

Jenis ikan mas koki selanjutnya tak kalah terkenal dari jenis ikan mas koki sebelumnya. Ciri khas dari ikan mas koki black moor adalah warna hitam pekat serta bagian mata yang menonjol.

Warnanya yang kontras dari jenis ikan mas koki lainnya membuat ikan mas koki black moor sangat cocok dipelihara bersama ikan mas koki jenis lainnya.

5. Jenis ikan mas koki Bubble eye
Jenis ikan mas koki Bubble eye
Image source : Hoa.goldfish

Dari namanya saja, Toppers sudah bisa menebak bagaimana penampilan dari jenis ikan mas koki satu ini. Memiliki gumpalan seperti balon air pada bagian bawah matanya membuat ikan mas koki bubble eye terlihat sangat lucu dan menggemaskan.
Meskipun lucu, soal harga ikan mas koki jenis ini termasuk yang cukup mahal.

6. Jenis ikan mas koki Celestial goldfish
Jenis ikan mas koki Celestial goldfish
Image source : Wikiwand

Celestial Goldfish atau ikan mas koki jenis celestial adalah ikan mas koki yang juga terkenal karena memiliki mata yang menonjol. Namun, yang membuatnya lebih unik adalah tonjolan mata yang menghadapa ke atas serta tidak memiliki sirip punggung.
Kedua hal ini membuat jenis ikan mas koki ini tak memiliki kemampuan berenang dan penghilatan yang baik.

7. Jenis ikan mas koki Fantail
Jenis ikan mas koki Fantail
Image source : Cara.pro

Jenis ikan mas koki selanjutnya adalah ikan mas koki fantail alias ekor kipas yang terkenal akan sirip ekor ganda yang terlihat mengembang. Sekilas ikan mas koki jenis ini terlihat tak berebda dengan jenis ikan mas lainnya.
Hanya saja bagian ekor yang lebih pendek menajadi ciri khas dari ikan mas koki jenis ini.

8. Jenis ikan mas koki Shubunkin
Jenis ikan mas koki Shubunkin
Image source : Gerava

Ciri khas dari jenis ikan mas koki satu ini adalah komposisi warna yang lebih kaya, yakni terdiri dari tiga warna yang umumnya terdiri dari putih, oranye, dan juga cipratan pola hitam pada sekujur tubuhnya.

9. Jenis ikan mas koki Mutiara
Image source : Gerava

Untuk Toppers yang suka dengan ikan hias yang lucu, jenis ikan mas mutiara adalah jenis ikan mas koki hias yang tepat untukmu.

Memiliki tubuh bulat dan membuntal serta sisik bulat-bulat menonjol bak mutiara menjadikan ikan mas mutiara ini terlihat sangat menggemaskan.

10. Jenis ikan mas koki Oranda
Image source : Goldfishopang

Jenis ikan mas koki oranda juga memiliki banyak peminatnya di Indonesia. Ikan mas koki orando banyak dicari karena memiliki harga yang tidak tergolong termahal untuk ukuran jenis ikan mas koki. Selain itu jenis ikan mas koki orando memiliki corak warna yang bagus, cantik, unik dan juga terdapat jenis oranda rosetail,  red cup, panda dan 3 color yang membuat jenis ikan mas koki ini banyak diminat oleh pencinta ikan hias. Ikan mas koki oranda jumbo bisa memiliki ukuran dua kali lipat dibanding jenis ikan koki pada umumnya. Bentuk tubuh dan warnanya yang cantik membuat harga ikan mas koki oranda juga lumayan mahal.

Banyak dan bervariasi sekali bukan jenis dari ikan mas koki hias yang bisa hiasi akuarium air tawar dirumahmu!. 

Bagaimana, berminatkah anda membeli salah satu jenis ikan mas koki tersebut.

Posting Komentar untuk "Jenis ikan mas koki paling bagus, langka, tercantik dan termahal di pasaran"