Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Black-banded Leporinus atau ikan Kaos kaki bertubuh belang

Ikan Black-banded Leporinus atau ikan Kaos kaki bertubuh belang

Black-banded Leporinus atau sering di sebut ikan Kaos kaki, Penyebaran ikan Black-banded Leporinus ini berada di wilayah Suriname. Meski ia juga bisa ditemukan di sebagian besar sistem sungai Amazon dan Orinoco termasuk anak-anak sungainya yang ada di Brasil, Bolivia, Peru, dan Venezuela.

Tentu itu semua dengan catatan, ada tambahan penyebaran wilayahnya juga mulai dari drainase pantai Guyana, dan Guyana Prancis seperti Esafteribo, Courantyne, Demerera dan Coppename.

Sebagai ikan air tawar yang cukup digandrungi, tak heran banyak penghobi ikan hias yang ingin sekali merawatnya. Namun tunggu dulu, apakah kamu sudah mengenal lebih dekat si ikan bertubuh belang ini?.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Characiformes

Famili : Anostomidae

Genus : Leporinus

Spesies : L. fasciatus

Nama Latin/Ilmiah : Leporinus fasciatus

Betuk fisik

Ikan kaos kaki bentuk fisik
Image source : Andrewanpaima

Jika diperhatikan ikan Black-banded Leporinus sangat lucu karna memiliki motif garis-garis yang mirip akan kaos kaki. Pertumbuhan tubuh ikan Black-banded Leporinus pun sebenarnya cukup pesat.

Secara keseluruhan, ikan Black-banded atau yang biasa disebut ikan Kaos kaki ini punya tubuh yang bulat dan panjang. Soal warna, terdapat belang-belang kombinasi antara hitam dan oranye di sekujur tubuhnya. Biasanya ketika usia dewasa, belang-belang berbentuk garis berwarna hitam tersebut berjumlah 10 buah.

Ukuran tubuh, mengutip dari situs resmi Seriously Fish, ia dapat tumbuh mencapai panjang antara 25-27 cm. Bisa dibilang lumayan besar untuk sekelas ikan hias di rumah.

Habitat & Karakteristik

Ikan kaos kaki habitat
Image source : Joserobertocorredor

Ikan Black-banded Leporinus ini mampu bertahan hidup di sungai yang airnya memiliki pH antara 5.5 – 7.5 dan suhunya stabil di kisaran 22– 26 derajat celcius.

Saat kamu memelihara ikan Black-banded Leporinus, sebaiknya peliharalah di akuarium yang cukup banyak tanaman air atau vegetasi di dalamnya. Mengingat, di habitat aslinya ia lebih nyaman seperti itu.

Kamu perlu catat juga bahwa untuk membersihkan atau mengganti air, lakukan dengan tenang. Jangan sampai membuat ikan Black-banded Leporinus merasa terancam. Jika kamu melakukan hal yang sangat fatal, maka bukan tidak mungkin ia akan melompat cukup tinggi.

Berbicara soal melompat, kamu juga harus selalu waspada. Sebagai antisipasi, tidak ada salahnya kamu menyiapkan penutup akaurium agar bisa memastikan ikan Black-banded Leporinus tidak melompat keluar akuarium.

Makanan

Image source : Elgandara

Jika berbicara mengenai makanan, pada dasarnya ikan Black-banded Leporinus termasuk sebagai hewan herbivora atau bisa disebut sang pemakan tumbuhan.

Meski begitu, ketika usianya masih sangat kecil, ia juga memangsa kutu air di habitatnya. Jadi bisa dikatakan ikan Black-banded Leporinus juga masuk sebagai hewan omnivora.

Umumnya, ikan Black-banded Leporinus memenuhi kebutuhan gizinya dengan makanan seperti algae, invertebrata dan detritus organik di alam.

Tapi untuk menjaga keseimbangan gizinya, kamu bisa memberinya makanan berupa pelet ikan, daun-daunan, seperti bayam maupun selada. Kombinasi makanan-makanan tersebut akan membuat ikan Kaos Kaki ini bisa berkembang lebih baik dan aktif.

Temperamen

Jika kita menyinggung soal temperamen dari Black-banded Leporinus, ada satu hal penting. Jadi ketika berada di sebuah akuarium, ia memang akan tampak kalem dan tenang. Namun akan lain cerita bila ada sebuah gangguan yang membuatnya stres, ikan Kaos Kaki ini bisa saja akan agresif dan galak secara tiba-tiba.

Posting Komentar untuk "Ikan Black-banded Leporinus atau ikan Kaos kaki bertubuh belang"